Enter your keyword

Tuesday, 1 August 2017

Tips Investasi Tanah dengan Modal Kecil Itu Mungkin

Tips investasi tanah dengan modal kecil perlu diketahui, terutama untuk mereka yang ingin membangun sebuah bisnis investasi tanah yang tidak memiliki modal yang cukup. Namun tetap harus diperhatikan untuk dapat memberikan keuntungan bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk pemilik lahan yang akan dibeli. Berikut beberapa cara investasi tanah dengan modal kecil yang bisa dilakukan.
Coba tips investasi tanah dengan modal kecil di bawah ini
Investasi tanah memang merupakan salah satu jenis investasi yang bisa dijadikan ladang bisnis yang tepat untuk mencari keuntungan. Biasanya, pebisnis memang membutuhkan tanah sebelum memulai sebuah bisnis, baik itu bisnis tanah kavling maupun bisnis properti seperti perumahan. Namun, kebanyakan kendala dari bisnis ini adalah sulitnya mendapatkan lahan yang tepat dan cukup luas. Jikapun ada lahan yang tepat, biasanya faktor modal menjadi permasalahan utama, sehingga pebisnis tidak bisa membebaskan lahan tersebut.
Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkan tanah dengan modal kecil serta beberapa cara investasi properti yang benar yang bisa diaplikasikan untuk mencari lahan guna mengembangkan bisnis properti yang ada.
1.      Tawaran vs syarat
Tips investasi tanah dengan modal kecil yang bisa dilakukan pertama kali adalah menawar harga tanah dengan lebih tinggi, dengan catatan pemilik tanah mau menurunkan syarat-syarat pembayaran. Misalnya jika pemilik tanah menawarkan harga lima ratus juta, pebisnis bisa memberikan tawaran harga sebesar tujuh ratus juta, dengan catatan pemilik tanah mau memberi waktu tambahan untuk pebisnis dapat melunasi pembayarannya. Atau bisa saja pebisnis meminta pembayaran dengan sistem kredit yang dibayarkan dalam beberapa tahap pembayaran.
2.      Bagi bangun
Cara kedua adalah dengan menawarkan pada pemilik lahan untuk bisa memiliki salah satu kavling tanah atau rumah yang akan dibangun, dengan catatan pemilik lahan dapat memberikan kemudahan dalam pembebasan lahan tersebut. Besaran harga yang ditawarkan harus sesuai dan sudah mendapatkan kesepakatan dengan pemilik lahan. Selain itu, perhatikan juga biaya perpajakan yang harus ditanggung di kemudian hari.
3.      Bagi hasil
Jika prospek investasi tanah tersebut memang baik, pebisnis bisa menawarkan kepada pemilik lahan untuk sistem bagi hasil, asalkan biaya pembebasan lahan di awal bisa diperkecil. Misalnya, jika proyek rumah selesai sekian persen, maka pebisnis wajib membayar pemilik lahan sebesar sekian persen dari harga jual tanah. Pastikan kesepakatan yang sama-sama menguntungkan.
4.      Pembayaran bertahap jika ada unit terjual
Pemilik lahan juga mungkin tertarik dengan tawaran yang menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan jika ada unit yang terjual. Bisa jadi pemilik lahan justru akan membantu memasarkan setiap unit yang ada di kawasan tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya menawarkan kepada pemilik lahan untuk membuat kesepakatan pembayaran bertahap setiap unit yang terjual ini.
5.      Barter
Bisa juga dengan menawarkan sistem barter. Misalnya jika pemilik lahan menjual tanahnya untuk membuat rumah. Maka, pebisnis bisa saja menawarkan diri untuk mampu memasok tenaga kerja dan material untuk membangunkan rumah yang sesuai dengan keinginan pemilik lahan, asalkan harga pembebasan lahan bisa dilunasi dengan modal yang kecil.
6.      Tanggung biaya keperluan
Sama halnya dengan kasus jika pemilik lahan menjual tanahnya karena ingin berobat atau membayar kuliah anaknya. Maka, tawarkan saja untuk menanggung seluruh biaya pengobatan dan biaya kuliah anak tersebut, dengan catatan lahan tersebut bisa dibeli dengan harga yang murah atau dengan modal yang kecil.
7.      Menunjukkan laporan keuangan
Biasanya ada pemilik lahan yang ragu untuk membebaskan lahannya atau ragu untuk menerima beberapa tawaran yang diberikan dengan alasan takut ditipu. Maka salah satu cara yang mujarab adalah dengan menunjukkan laporan keuangan atau dokumen resmi dari investor atau kreditur. Hal ini akan meyakinkan pemilik lahan untuk menyepakati tawaran kerjasama yang diberikan.
8.      Pendapatan sewa
Cara selanjutnya adalah dengan menawarkan pendapatan sewa. Misalnya jika tanah tersebut berencana akan dibangun hotel. Maka pebisnis dapat menawarkan kepada pemilik lahan untuk dapat mengangsur pembayaran pembebasan lahan itu dengan pendapatan yang didapatkan dari sewa hotel tersebut. Namun, sistem angsuran harus tetap disepakati dengan pemilik lahan.
9.      Menjual aset
Jika tanah yang akan dibeli merupakan jenis tanah yang produktif, misalnya merupakan jenis tanah perkebunan yang masih menghasilkan buah dan bisa dipanen, mintalah keringanan dari pemilik lahan agar bisa menerima pembayaran dari hasil menjual aset di tanah tersebut.
10.  Kerjasama dengan agen
Cara terakhir adalah dengan menggunakan jasa agen. Namun biasanya dengan menggunakan jasa agen tersebut, akan dibutuhkan biaya sebesar 3% dari harga yang disepakati.

Demikianlah beberapa tips investasi tanah dengan modal kecil yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak