Enter your keyword

Tuesday, 1 August 2017

Cara Membeli Tanah Tanpa Modal, Emang Bisa?

Cara membeli tanah tanpa modal kini semakin mudah dilakukan. Karena pertumbuhan penduduk semakin tinggi maka kebutuhan akan tanah pun semakin tinggi. Tak bisa dielak bahwa harga tanah semakin lama semakin tinggi. Karena itulah kini banyak juga yang membeli tanah utnuk keperluan investasi. Membeli tanah untuk investasi maupun untuk bangunan rumah atau usaha memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Namun hal ini sangatlah wajar karena keuntungan dari investasi maupun bisnis tanah memang sangat besar. nilai jualnya semakin lama semakin meroket dengan peminat yang semakin banyak. Apalagi jika tanah yang dibeli berada di tempat yang strategis dan berada di kawasan yang potensial dari segi pendidikan, kelengkapan fasilitas, perkembangan ekonomi dan beberapa aspek lain.

Karena alasan butuh dana segar atau modal pembelian dalam jumlah banyak itulah mengapa banyak orang yang berpikir dua kali untuk membeli sebidang tanah. Kebanyakan dari mereka justru mengontrak rumah sebagai tempat tinggal. Padahal anggapan ini sebenarnya salah. Dengan mengontrak rumah yang mewajibkan untuk membayarkan sejumlah dana yang tak sedikit setiap bulan atau tahun tanpa memperoleh hak milik sedikitpun atas tanah maupun rumah tersebut justru dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar jika dikalkulasikan. Oleh sebab itu, langkah membeli tanah kemudian dibangun rumah untuk hunian akan menjadi langkah yang paling tepat.

Cara Membeli Tanah Tanpa Modal Dengan Trik Jitu Ini
Bagi yang hendak membeli tanah namun masih takut dengan bayangan modal pembelian yang banyak, maka wajiblah untuk mengetahui cara yang daoat dilakukan saat pembelian tanah tanpa mengeluarkan modal. Teknik pembelian tanah tanpa modal sama juga untuk teknik membeli rumah yang juga tanpa mengeluarkan modal.  Berikut adalah beberapa cara yangdapat dilakukan:
1.      Bekerjasama dengan bank
Cara yang pertama yang dapat dilakukan untuk dapat memiliki sebidang tanah tanpa mengeluarkan modal adalah bekerjasama terhadap bank dengan mengajukan kredit yang diangsur secara berkala. Kini hampir setiap bank menawarkan jasa pinjaman dengan persyaratan yang mudah dan bunga yang sangat bersaing. Sebagai tips saja, pilihlah bank yang memang sudah berstandar nasional atau bahkan internasional supaya prosesnya lebih aman dan terpercaya. Selain itu, karena akan terdapat banyak pilihan bank, maka pilihlah yang menawarkan bunga rendah dan memiliki variasi atau pilihan waktu angsuran yang banyak sehingga dapat dipilih sesuai dengan kemampuan. Dengan memperoleh pinjaman bank ini, Anda tidak perlu modal untuk pembelian tanah. Hanya tinggal membayar angsuran setiap bulan selama kurun waktu dan nominal yang disepakati saja.
2.      Mengikuti program KPR
Apabila pembelian tanah bertujuan untuk membangun rumah sebagai hunian bersama keluarga tercinta, maka pembelian tanah kavling atau perumahan nampaknya jadi pilihan yang tepat. Khusus untuk kepentingan hunian, perumahan merupakan pilihan yang terbaik. Selain ukuran tanah kavlingnya yang tepat dan sesuai dengan dokumen, Anda juga dapat membelinya tanpa mengeluarkan modal. Caranya ialah dengan mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.
Selain cara membeli tanah dengan kredit bank, mengikuti program KPR adalah langkah yang sangat tepat. Dalam program KPR, seolah pihak bank akan membeli tanah serta perumahan tersebut untuk Anda selanjutnya Anda tinggal membayar biaya tersebut dengan cara mengangsur atau pembayaran secara berkala dengan nominal tertentu dan dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan. Persyaratan untuk mengikuti program KPR juga tidaklah sulit sehingga program ini sangat direkomendasikan bagi yang tidak memiliki dana besar sebagai modal pembelian tanah khususnya tanah kavling.
3.      Menawar dengan harga tinggi
Cara yang ketiga yang dapat dilakukan untuk pembelian tanah tanpa harus mengeluarkan modal besar adalah dengan menawarkan harga yang lebih tinggi. Jadi, semisal pemilik tanah menginginkan harga jual tanah tersebut adalah Rp 1 juta per meter persegi dan mengharapkan pembayaran dilakukan secara cash atau satu waktu non tempo, maka yang dilakukan supaya tidak harus mengeluarkan dana cash yang sangat besar adalah dengan memberikan penawaran harga beli yang lebih tinggi misalnya Rp 1,2 juta untuk setiap meter perseginya.
Di samping penawaran harga yang lebih tinggi tersebut, sampaikan juga pembayaran yang hendak dilakukan adalah pembayaran bertahap. Apabila pemilik atau penjual tanah tersebut sedang tidak sangat membutuhkan uang, maka dapat dipastikan penawaran Anda akan diterima. Selain itu, alasan lain apabila tawaran tersebuit disetujui adalah karena pihak penjual sudah memiliki penilaian bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya. Hal ini justru menjadi tanggung jawab moral yang harus benar-benar dijaga. Jangan sampai sudah diberikan toleransi pembayaran dan kepercayaan namun melakukan hal yang tidak semestinya.
Satu hal lagi yang sangat penting yang harus dilakukan dalam proses pembelian dan pembayaran secara bertahap ini adalah dibuatnya Akta Jual Beli sebagai bukti sah dan resmi berlandaskan hukum. Pembayaran tahap pertama sebesar 40 persen dapat dilakukan 3 bulan setelah persetujuan kedua belah pihak. Untuk pembayaran tahap kedua sebesar 30% dapat dilakukan 3 bulan setelahnya dan sisanya diberikan setelah 3 bulan. Dengan pembayaran secara bertahap, pembeli akan dapat memperoleh waktu yang longgar dan cukup lama untuk mempersiakan dana pada setiap cicilannya meskipun jatuh dengan harga yang lebih mahal jika dibanding cash. Namun hal tersebut lebih tepat dilakukan dan tidak merugikan.

Setelah mengetahui beberapa cara membeli tanah tanpa modal di atas, jangalah lagi takut untuk dapat memiliki tanah tanpa dana yang sangat besar sebagai modal. Pilihlah salah satu cara yang memang sesuai dengan kondisi dan kemampuan supaya pemilikan tanah dapat berjalan lancar.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak