Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Survey Lokasi Jual Tanah di Jalan Palagan Jogja

Jual tanah di Jalan Palagan Jogja menjadi sebuah bisnis jual beli yang diinginkan banyak orang. Hal ini berkaitan dengan Jalan Palagan di Jogja yang memiliki banyak sekali fasilitas umum yang menarik. Namun, tentu saja sebelum membeli tanah di kawasan tersebut dibutuhkan survey lokasi terlebih dahulu.
Survey Lokasi Tanah yang akan Dibeli
Satu hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli tanah adalah mengecek langsung ke lapangan. Mengapa survey ini wajib dilaksanakan? Tentu saja jawabannya adalah untuk meminimalkan kerugian. Karena saat ini ada banyak sekali orang yang menghalalkan segala cara cepat jual tanah untuk mendapatkan keuntungan. Tidak jarang, banyak yang memasang iklan dengan promo menarik. Padahal lokasi yang dimaksud tidak semenarik itu.

Untuk menghindari penipuan, tentu saja survey langsung ke lokasi perlu dilakukan. Apalagi jika tanah yang akan dibeli bukan tanah yang sempit. Lalu, apa saja yang harus kita cari dalam sebuah survey terhadap lokasi tanah yang akan dibeli tersebut? Simak penjelasan berikut:
1.      Lokasi yang pasti
Jika ingin membeli barang, tentu harus dilihat secara langsung barang tersebut. Apalagi yang harganya mahal. Demikian juga dengan tanah. Calon pembeli wajib mengetahui lokasi yang pasti dari tanah yang akan dibeli. Termasuk jika tanah bersebelahan dengan lahan lainnya, maka perlu dipastikan batasan atau patok tanah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari sengketa di kemudian hari.

2.      Melihat fasilitas di sekitar
Dalam perjalanan atau saat berada di lokasi, cermati fasilitas di sekitarnya. Apakah ada pasar, sekolah, angkutan umum, rumah sakit, toko, dan sebagainya. Fasilitas umum seperti itu akan mempermudah pemenuhan kebutuhan. Selain itu, fasilitas umum akan mempengaruhi harga tanah saat ini dan di kemudian hari.

3.      Menyesuaikan dengan harga
Jika lokasi memiliki fasilitas yang baik, tentu harga tanah yang mahal adalah wajar. Namun jika ternyata lokasi tidak didukung dengan lingkungan dan fasilitas yang baik, harga yang mahal bisa dipertanyakan lagi. Maka dari itu survey sangat penting.
4.      Kontur tanah
Survey tanah juga perlu melihat kontur tanah. Kontur di sini adalah keadaan tanah dari jalan utama. Apakah tanah miring, atau justru memiliki terasering, atau apakah tanah berada di tepi sungai, dan sebagainya. Hal ini penting, terutama jika calon pembeli merencanakan pembangunan di masa depan. Tanah yang datar dengan tanah yang miring akan berbeda perlakuannya nanti.
Tanah yang miring akan menghabiskan lebih banyak biaya untuk pembangunan, karena tentu dibutuhkan tanah urug. Jika tidak diolah dengan baik, tanah miring juga akan membahayakan pondasi rumah nantinya.

5.      Kondisi tanah
Kondisi tanah yang dimaksud adalah jenis tanah di area tersebut. Apakah tanah merupakan bekas persawahan, bekas rawa, bekas perkebunan tebu, atau tanah gambut. Semua itu juga akan berpengaruh terhadap harga jual tanah, karena tanah bekas rawa tentu akan lebih labil jika dibandingkan dengan tanah bekas perkebunan biasa.

6.      Jenis tanaman yang tumbuh di tanah
Survey tanah juga perlu dilakukan untuk mengetahui jenis tanaman dan pohon apa saja yang tumbuh di sana. Jika calon pembeli ingin membangun rumah, maka mungkin keberadaan pohon mangga atau jambu tidaklah masalah. Namun akan menjadi berbeda jika ternyata pohon yang tumbuh di sana adalah pohon kelapa atau pohon liar lainnya.
Keuntungan Beli dan Jual tanah di Jalan Palagan Jogja
Jika ada calon pembeli yang bertanya mengenai tanah mana yang memiliki prospek yang baik untuk investasi, maka jawabannya adalah jual tanah di Jalan Palagan Jogja. Hal ini dikarenakan banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari transaksi jual beli tanah di Jalan Palagan.
Jalan Palagan Jogja merupakan satu kawasan yang merupakan ring road Jogja yang menghubungkan kota Jogja dengan kawasan utara Jogja. Jalan ini juga adalah sebuah jalan yang digunakan untuk akses wisata Jogja, terutama untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Monumen Jogja Kembali. Banyak tanah murah Jalan Palagan Jogja yang harganya kian hari kian meningkat. Hal ini disebabkan karena jalan tersebut merupakan jalan yang lalu lintasnya sangat ramai.
Ada banyak sekali fasilitas umum yang mendukung peningkatan harga jual tanah dan property di kawasan tersebut. Ada banyak hotel dan tempat kuliner di sana. Tentu saja tanah dijual di Jalan Palagan Jogja nantinya akan mudah dikembangkan menjadi lokasi bisnis atau lokasi usaha yang prospeknya sangat bagus. Calon pembeli tanah di kawasan tersebut bisa membuka juga usaha kuliner yang unik. Atau bisa juga membuka penginapan dan hotel yang tentu akan banyak dicari wisatawan Jogja.

Itulah keuntungan beli dan jual tanah di Jalan Palagan Jogja serta alasan mengapa calon pembeli perlu melakukan survey lokasi. Semoga bisa memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak