Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Proses Jual Tanah Babarsari Jogja Transaksi Terlengkap

Jual tanah Barbasari Jogja mulai menjadi incaran para investor untuk mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Jual beli tanah memang dapat menguntungkan laba besar, tanpa harus mengeluarkan tenaga yang ekstra. Transaksi ini akan mudah dijalankan jika Anda sudah memahami benar apa-apa saja yang perlu diperhatikan, seperti balik nama sertifikat.

Jual Tanah Babarsari Jogja
Pembelian tanah membutuhkan beberapa proses yang harus dilakukan karena jual beli tanah melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit sehingga surat-suratnya harus diurus dengan lengkap. Sebelum melakukan transaksi jual beli tanah, maka penting bagi penjual maupun pembeli untuk mengetahui beberapa hal penting, seperti pengurusan balik nama. Jangan mengabaikan masalah sekecil apapun, terlebih itu jika berkaitan dengan surat-surat sertifikat tanah. Untuk itu, beberapa hal di bawah ini akan memberikan sedikit pemahaman mengenai apa yang harus dilakukan sampai proses pengajuan balik nama sertifikat tanah dijual di Jogja:
1.      Teliti sebelum membeli
Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli tanah adalah memastikan kelengkapan surat-surat tanah sebagai cara cepat jual tanah. Untuk mengakui kepemilikan tanah dibutuhkan bukti yang kuat sehingga Anda harus meneliti kembali surat sertifikat tanah, kwitansi pembayaran PBB dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kepemilikan tanah. Berikut caranya:
-          Datang langsung ke lokasi tanah untuk memeriksa dan melihat keadaan tanah beserta lingkungannya.
-          Periksa keterangan di sertifikat, apakah sesuai dengan keadaan sebenarnya. Jangan lupa untuk memeriksa juga tanah tersebut bukanlah tanah sengketa atau sedang digadaikan ke bank atau pihak lain.
-          Periksa surat-surat yang menyertainya juga, jika perlu datanglah ke kantor badan pertahanan untuk memastikan.
-          Lakukan cara-cara tersebut dengan cermat.
2.      Mengajukan Akta Jual Beli (AJB)
Jika sudah terbentuk kesepakatan maka penjual harus membuat Akta Jual Beli yang melalui kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). PPAT adalah penjabat umum yang sudah disetujui dan ditunjuk oleh Kepala Badan Pertahanan Nasional. Mereka ini merupakan Camat setempat sebagai pihak PPAT sementara yang mengetahui di mana letak tanah murah Jogja tersebut dan Notaris yang telah lulus seleksi ujian PPAT. Pada umumnya ujian PPAT ini diselenggarakan di kampus Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPPN). Tanggung jawab pokoknya adalah membuat dan mengesahkan AJB sebagai bukti peralihan hak tanah dari pemilik atau penjual ke pembeli.
Terdapat beberapa berkas yang harus disiapkan dalam mengajukan AJB. Untuk penjual, harus menyiapkan sertifikat tanah asli, KK, KTP penjual dan istri atau suaminya, bukti pembayaran PBB selama lima tahun terakhir, dan surat persetujuan suami istri. Sedangkan untuk pembeli harus menyiapkan KK dan KTP.
3.      Proses pembuatan AJB di kantor PPAT
Apabila Anda sudah melengkapi surat-surat yang diperlukan maka proses akan berlangsung di kantor PPAT. Tahap awalnya adalah persiapan:
a.       Pengecekan keaslian sertifikat tanah di kantor Pertahanan
b.      Calon pembeli diminta untuk membuat pernyataan bahwa pembelian tanah tidak memberikan hak untuk mengakui kelebihan tanah di luar batas maksimum
c.       Surat pernyataan dari penjual bahwa tanahnya tidak sedang dalam sengketa datau dalam tanggungan bank karena PPAT akan menolak pengajuan AJB
d.      Penjual harus membayar PBB sebesar 5% dari nilai jual untuk tanah dengan harga di atas Rp 60.000.000
e.       Pembeli membayar BPHTB sebesar 5%dari nilai jual sampai Rp 30.000.000
Apabila tanggung jawab sudah diselesaikan oleh PPAT, maka mereka akan meminta pihak penjual dan pembeli menandatangani Akta Jual Beli tanah dijual di Jogja tersebut. Berikut syarat-syaratnya:
-          Dihadiri kedua belah pihak dan calon pembeli
-          Adanya saksi minimal 2 orang dari pegawai Notaris melalui Notaris PPAT atau perangkat desa melalui kantor kecamatan sebagai petugas PPAT
-          PPAT menjelaskan isi dari AJB, termasuk pelunasan dalam transaksi
-          Jika sudah disepakati, penjual, pembeli, saksi dan pejabat pembuat akta harus menandatangani surat tersebut
-          AJB dibuat dua rangkap untuk kantor PPAT dan Kantor Pertahanan, sedangkan kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli mendapatkan salinannya.
4.      Proses balik nama
Tahap selanjutnya adalah proses balik nama di mana proses ini menjadikan nama pembeli sebagai pemilik jual tanah Barbasari Jogja tersebut. Pejabat pembuat akta tanah akan menyerahkan berkas AJB ke kantor pertahanan untuk proses balik nama. Pengiriman berkas ini maksimal tujuh hari sejak penandatanganan akta tersebut. Namun, Anda harus menyiapkan beberapa berkas terlebih dahulu, seperti:
-          Surat permohonan balik nama yang telah ditandatangani oleh pembeli dan kuasanya, jika memang dikuasakan
-          Sertifikat hak atas tanah asli
-          Akta Jual Beli yang sudah selesai
-          Salinan KTP penjual dan pembeli yang sudah dilegalisasi
-          Kwitansi Bea Perolehan Hak Atas Tanah
-          Kwitansi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan untuk tahun terakhir
Demikian proses lengkap yang harus dilakukan ketika melakukan transaksi beli jual tanah Barbasari Jogja.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak