Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Jual Tanah di Jogja Murah Bagi Developer

Jual tanah di Jogja murah menjadikan para investor berdatangan untuk mencari tanah sebagai instrumen developer yang menguntungkan. Bukan rahasia lagi jika berbisnis properti, seperti halnya tanah akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar dan hal inilah yang membuat para pebisnis tertarik. Pengetahuan sangat diperlukan dalam transaksi jual beli tanah.
Jual Tanah di Jogja Murah untuk Developer
Keuntungan yang didapatkan dari bisnis properti memanglah menggiurkan. Namun, membangun usaha properti tidaklah mudah, dibutuhkan usaha yang besar untuk bisa mencapai kesuksesan. Lika-liku sebagai pebisnis properti membuat kita harus menyiapkan diri dengan baik, seperti mencari berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai pebisnis properti dan mengembangkan keterampilan dalam bidang ini.
Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana menemukan tanah yang memiliki potensi besar untuk dijadikan bangunan komersil. Biasanya, pelaku bisnis tersebut mencari tanah dengan harga miring untuk kemudian dijadikan sebagai perumahan, kost ataupun gedung lainnya. Mereka inilah yang disebut sebagai developer.
Berikut ini adalah beberapa tips mencari jual tanah di Jogja murah yang aman untuk developer:
1.      Survey lokasi
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum jual beli tanah adalah melihat secara langsung bagaimana kondisi tanah yang dijual. Lihatlah bagaimana bentuk tanahnya, lingkungan sekitar, batas tanah dan apakah lokasi tersebut baik untuk dijadikan sebagai lahan komersil, seperti untuk kost, perumahan atau yang lainnya. Usahakan jika Anda mengajak pemilik tanah langsung dalam melihat-lihat kondisi tanah ini karena Anda dapat meminta fotokopian sertifikat tanah dan menyesuaikan keterangan yang ada di dalamnya dengan kondisi kenyataannya.
Jangan sampai Anda melihat tanah hanya dengan perantara atau mediator antara penjual dan pembeli karena keterangan yang diberikan bisa berbeda dengan apa yang ada di sertifikat tanah. Selain itu, mintalah ijin untuk Anda mengukur luas tanah untuk memastikan batas dengan jelas.

2.      Investigasi kelengkapan surat
Apabila Anda sudah merasa cocok dengan kondisi tanah maka saatnya Anda mencari tahu surat-surat yang berkaitan dengan kepemilikan tanah tersebut. Untuk itu, jangan membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu sebelum memastikan jika penjual memiliki surat-surat yang diperlukan. Ingatlah bahwa kepemilikan tanah membutuhkan bukti yang kuat sehingga Anda harus meneliti dengan benar sertifikatnya terlebih dahulu.
Meskipun sudah ditunjukkan jika penjual memiliki sertifikat tanah, tapi penting bagi Anda untuk mengecek keabsahannya melalui kelurahan, desa ataupun kecamatan sesuai instansi yang tercantum dalam surat. Sedangkan untuk Sertifikat Hak Milik harus dicek di notaris atau BPN kemudian menanyakannya ke RT, RW dan jika perlu tetangga di tanah murah Jogja tersebut.
Lakukan investigasi secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari tanah tersebut. Anda bisa bertanya apakah tanah itu pernah dijual sebelumnya, mengapa tanah dijual, apakah kepemilikan tanah pernah bermasalah, atau surat-suratnya dan lain sebagainya.
3.      Negosiasi pembayaran
Setelah mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, segera pertimbangkan apakah Anda akan membeli tanah tersebut atau tidak. Jangan terlalu lama memikirkannya. Jika Anda sudah merasa yakin untuk membeli maka langkah berikutnya adalah bernegosiasi mengenai harga tanah. Awalnya, penjual pasti sudah mematok harga tanah yang dapat dinego sebagai cara cepat jual tanah. Jangan langsung menerima harga yang diberikan. Tawarkan harga serendah mungkin dan kemudian naikkan sedikit demi sedikit agar Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau.
Tapi perlu diingat, sebelum melakukan ini maka Anda harus tahu berapa harga pasaran tanah di wilayah tersebut, jika terlalu rendah maka Anda akan kehilangan tanah itu karena pastinya penjual tidak berkenan menjual tanahnya dengan harga rendah, kecuali jika sedang butuh.

4.      Pembuatan surat perjanjian
Apabila besaran harga sudah disepakati penjual dan pembeli, selanjutnya lakukan perjanjian melalui surat secara tertulis. Penting bagi penjual dan pembeli membuat surat perjanjian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Isi dari surat tersebut sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Apabila Anda tidak terlalu mengerti mengenai masalah tanah dijual di Jogja maka carilah orang yang lebih ahli agar Anda tidak tertipu dengan isi perjanjian tersebut.
5.      Pembersihan lahan atau land clearing
Pembuatan perjanjian yang sudah selesai membuat kita harus segera membayarkan DP terlebih dahulu. Setelah pembayaran ini maka kita bisa melakukan pembersihan atau sering disebut sebagai land clearing. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari orang yang mengaku-ngaku sebagai pemilik tanah dan memicu reaksi warga. Setelah itu, jangan lupa untuk memasang tanda jika tanah tersebut merupakan milik Anda dan cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi pada tanah dijual di Jogja.

6.      Balik nama
Langkah terakhir adalah mengganti nama pemilik tanah atau balik nama. Segera lakukan balik nama setelah transaksi selesai dilakukan. Anda bisa mempercayakan hal ini pada notaris atau badan PPAT untuk mengurus segala dokumen atau surat-surat yang berkaitan dengan kepemilikan tanah atau balik nama ini.

Demikian tips saat Anda ingin mencari dan membeli jual tanah di Jogja murah yang memang menjanjikan.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak