Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Faktor Penentu Nilai Jual Tanah di Godean Jogja

Jual tanah di Godean Jogja bisa menjadi sebuah bisnis investasi yang akan sangat menguntungkan di masa depan. Hal ini berkaitan dengan kawasan Godean Jogja yang kian hari kian berkembang. Salah satu daerah di Jogjakarta ini memang kian padat. Hal ini tentu saja mempengaruhi nilai jual tanah di kawasan tersebut.

Faktor Penentu Nilai Jual Tanah di Godean Jogja
Godean Jogja merupakan sebuah kawasan di tengah Jogja yang kini menjadi kian padat. Hal ini berkaitan juga dengan potensi wisata di Jogja yang menjadi semakin pesat dari hari ke hari. Terutama saat banyak bermunculan objek wisata Jogja yang baru dibuka. Hal ini akan menarik perhatian wisatawan untuk datang lagi dan lagi ke Jogja. Akibatnya, nilai jual tanah di Jogja juga terpengaruh dan semakin mahal. Termasuk kawasan Godean.
Seseorang yang memiliki tanah di Godean Jogja sebaiknya memanfaatkan tanah tersebut untuk keperluan investasi jangka panjang. Jangan buru-buru ingin menjual tanah yang dimiliki, misalnya dengan mencari cara cepat jual tanah, karena di masa yang akan datang, keuntungan berlipat-lipat akan didapatkan. Tentu saja hal ini ditentukan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi nilai tanah di Godean Jogja, yaitu sebagai berikut:
1.      Faktor ekonomi
Faktor penentu nilai jual tanah di berbagai daerah, termasuk Godean Jogja adalah faktor ekonomi. Faktor ini sangat berhubungan dengan kondisi ekonomi mikro dan makro di kawasan tersebut, entah itu ekonomi lokal, nasional, bahkan internasional. Penentu utama faktor ekonomi adalah permintaan, yang biasanya berhubungan langsung dengan transaksi di kawasan tersebut.
Singkatnya, jika ada sebuah daerah yang tingkat ekonomi mikro dan makronya masih sangat minim, maka barang apapun yang dijual di sana tentu akan murah. Berbeda halnya dengan daerah yang tingkat ekonomi mikro dan makronya berkembang dengan baik. Maka benda apapun yang dijual di sana tentu akan memiliki nilai jual yang pantas.
Demikian juga dalam faktor properti, seperti rumah dan tanah dijual di Godean Jogja. Seperti yang diketahui, tingkat ekonomi masyarakat Jogja ditentukan juga oleh kondisi pariwisatanya, dimana banyak turis domestik dan internasional yang datang. Wisatawan yang datang tentu melakukan transaksi ekonomi yang secara tidak langsung berpengaruh. Selain itu, tingkat lapangan kerja di Jogja sendiri juga cukup baik. Tentu saja harga tanah di daerah yang seperti ini akan meningkat secara berkala.
2.      Faktor sosial
Faktor sosial juga turut mempengaruhi harga jual tanah. Hal ini berkaitan dengan pola penggunaan tanah di sebuah daerah. Kawasan tertentu yang dibangun pertokoan dengan kawasan yang dibangun permukiman, tentu harganya akan berbeda. Selain itu, aspek psikologis masyarakat sekitar juga secara tidak langsung membuat kotak-kotak pemikiran terhadap kawasan yang layak dan tidak layak. Misalnya jika kawasan Godean secara sosial diklasifikasikan sebagai kawasan elit atau kawasan yang bergengsi, maka harga tanah di sana juga akan berbeda dengan kawasan yang secara sosial kurang dipandang oleh masyarakat. Semua itu ditentukan oleh gap sosial masyarakat.

3.      Faktor regulasi
Regulasi atau peraturan di daerah Godean Jogja juga sangat menentukan harga atau nilai jual tanah murah Godean Jogja. Pemerintah daerah yang menerbitkan kebijakan atau peraturan tentu mau tidak mau akan berpengaruh juga terhadap taraf ekonomi masyarakat di sana. Biasanya, kebijaksanaan yang dibuat oleh pemerintah seharusnya mampu mendukung perkembangan serta tata kelola lahan di sebuah kawasan untuk meningkatkan ekonomi kawasan tersebut.
Misalnya daerah yang tadinya tidak mendapat akses ke tengah kota dengan mudah dibuatkan jalan raya baru yang mempermudah akses. Maka daerah tersebut akan menjadi meningkat nilai guna lahannya. Atau dengan mengadakan pembangunan fasilitas umum seperti rumah sakit atau klinik di daerah terpencil. Maka nilai jual tanahnya juga pasti meningkat dengan sendirinya.
4.      Faktor fisik
Faktor fisik dari sebuah tanah di Godean Jogja tentu juga mempengaruhi nilai jual tanah di Godean Jogja. Tanah kosong yang terbengkalai tentu harganya akan berbeda dengan tanah yang dipelihara dengan baik. Tanah yang dipelihara secara fisik bisa saja digunakan sebagai lahan bercocok tanam atau lahan berkebun. Hasilnya bisa saja dijual untuk tambahan pendapatan. Hal ini tentu akan mampu meningkatkan nilai tanah.

5.      Faktor lokasi dan lingkungan
Faktor penentu nilai tanah di Godean Jogja juga berkaitan erat dengan lokasi dan lingkungan sekitar. Lokasi Godean Jogja yang semakin berkembang, mudah diakses, dan memiliki banyak fasilitas umum di sekitarnya pastilah menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini akan meningkatkan nilai tanah di kawasan tersebut karena masyarakat yang akan berhuni di  sana bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-harinya di kemudian hari.

Itulah beberapa faktor penentu nilai jual tanah di Godean Jogja. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak