Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Beli Jual Tanah Daerah Jogja Perhatikan Hal Ini

Jual tanah daerah Jogja dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau sehingga keuntungan akan semakin besar. Bisnis properti terbukti dapat memberikan laba yang cukup besar sehingga banyak orang yang mencoba untuk bisnis properti, seperti jual beli tanah ataupun rumah.
Tips Transaksi Jual Tanah Daerah Jogja
Banyak orang yang merasa bingung untuk memilih membeli tanah kosong atau rumah sekaligus. Kedua pilihan ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga jangan terburu-buru apakah ingin membeli rumah atau tanah. Perhatikan terlebih dahulu negatif dan positif kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan ketersediaan dana. Dengan demikian, Anda tidak akan menyesal telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit dalam transaksi jual tanah daerah Jogja ataupun rumah.

Berikut ini ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli tanah atau rumah:
1.      Harga
Melakukan jual beli tanah atau pun rumah pasti akan melibatkan uang yang tidak sedikit. Harga menjadi salah satu pertimbangan apakah harus membeli tanah atau rumah. Beberapa orang berpikir bahwa membeli tanah akan lebih murah dibandingkan dengan rumah. Murahnya tanah tentu saja dikarenakan tidak ada bangunan di atasnya sehingga kita harus membangun sendiri rumah tersebut. Oleh karena itu, jangan hanya melihat harga tanah yang lebih murah tapi juga perhitungkan berapa anggaran untuk membangun rumah nantinya, apakah sebanding jika kita membeli rumah sekalian. Inilah yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah dijual di Jogja.
2.      Legalitas
Pengurusan tanah dijual di Jogja membutuhkan legalitas yang lebih rumit karena Anda harus mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah (SIPPT). Hal ini memperbesar kemungkinan resiko di kemudian hari, seperti adanya biaya tidak resmi atau pungutan liar untuk menerbitkan berkas-berkas tersebut. Terlebih jika Anda belum memiliki pemahaman yang baik mengenai jual beli tanah maka bisa-bisa Anda menjadi korban penipuan. Berbeda jika Anda membeli langsung berupa tanah dan rumah karena Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengurus IMB ataupun SIPPT karena proses ini sudah dilalui ketika pemilik tanah membangun rumahnya. Tentu hal ini mengurangi resiko pungutan liar.
3.      Kesiapan bangunan
Rumah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Apabila Anda membutuhkan tempat tinggal sesegera mungkin maka akan lebih cocok jika Anda langsung membeli tanah yang sudah dibangun rumah. Bangunan yang sudah ada membuat Anda bisa langsung menempati rumah tersebut, meskipun masih membutuhkan beberapa hari untuk pembersihan atau pembenahan. Namun, jika Anda belum terlalu butuh tempat tinggal atau masih memiliki tempat tinggal lain, seperti kost atau kontrakan maka tidak masalah jika Anda memilih tanah. Anda bisa merencanakan pembangunan rumah dengan hati-hati dan kemudian menunggu proses bangunannya selesai.
Lama waktu yang dibutuhkan dalam pembangunan ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti jumlah pekerja dan ketersediaan bahan. Apabila bahan selalu tersedia dalam setiap proses pembangunan maka tidak membutuhkan waktu lama, yakni sekitar 3 bulan, rumah pun bisa jadi. Namun, hal ini juga tergantung dengan desain rumah yang Anda buat. Rumah minimalis tentunya akan semakin cepat dibuat dibanding rumah yang mewah.

4.      Kualitas bangunan
Pembelian tanah murah Jogja membuat Anda memiliki kendali penuh untuk mengarahkan kontraktor dalam proses pembangunan rumah sehingga Anda bisa memilihkan bahan bangunan yang berkualitas untuk rumah Anda. Berbeda jika Anda membelinya tanah yang disertai dengan bangunan rumah maka Anda sudah tidak dapat mengubah lagi rumah tersebut sesuai dengan bahan-bahan berkualitas yang Anda inginkan. Oleh karena itu, sebelum membeli rumah maka Anda harus memperhatikan benar bagaimana kualitas bangunannya, seperti kekokohan pagar, dinding, atap, kondisi cat dan lain sebagainya. Apabila Anda tidak begitu paham mengenai hal ini maka ajaklah orang yang ahli dalam bidang ini agar Anda dapat mengetahui benar bagaimana kualitas bangunan. Selain itu, jika Anda pembenahan rumah, seperti mengecet ulang maka Anda harus memikirkan biaya tambahannya lagi.
5.      Desain bangunan
Setiap orang tentunya memiliki gambaran bagaimana rumah idamannya. Apabila Anda sudah memiliki rumah idaman dan ingin merealisasikannya maka pembelian tanah menjadi pilihan yang tepat dan sering digunakan sebagai cara cepat jual tanah. Dengan membeli tanah maka Anda bisa mendesain sendiri rumah sesuka hati Anda. Anda bisa menggunakan jasa arsitektur untuk semakin memantapkan desain rumah yang sudah dimiliki. Sedangkan jika Anda membeli rumah maka desain rumah sudah tidak dapat diubah lagi, hanya saja masih bisa dimodifikasi sehingga Anda menjadi terbatas dalam mengeksplor desain rumah. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli rumah maka pastikan jika desain rumah tersebut cocok dengan apa yang Anda inginkan. Paling tidak masih bisa dilakukan modifikasi desain agar lebih mirip dengan rumah idaman Anda, namun anggaran akan ikut bertambah.

Demikian jual tanah daerah Jogja dan tips-tips penting sebelum membelinya.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak