Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Beginilah Tata Cara Jual Beli Tanah Girik untuk Bisnis

Tata cara jual beli tanah girik akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar jadi tidak ada salahnya mengincar tanah girik untuk investasi. Banyak bisnis yang bisa dilakukan, tapi tidak semuanya menjanjikan keberhasilan. Berbeda dengan investasi tanah karena tanpa memberikan usaha lebih, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dari harganya yang naik.
Beginilah Tata Cara Jual Beli Tanah Girik
Setiap bisnis pasti memiliki tujuan tersendiri, yakni untuk mendapatkan keuntungam. Tapi, jangan lupa untuk melihat juga bagaimana resiko yang bisa dihadapi agar kita bisa mengantisipasinya dari sekarang. Sebagai contohnya adalah cara jual beli tanah. Usaha yang mudah ini bisa Anda dapatkan Anda tinggal membeli tanah yang dikehendaki dengan modal tertentu maka tanpa memberikan perlakukan apapun Anda dapat menjuaknya dengan harga yang lebih tinggi karena standar harga tanah akan terus meningkat.

Hampir semua developer lebih menginginkan tanah murah dengan surat-surat yang lengkap jadi, jarang yang menggunakan tanah girik. Padahal dengan menggunakan tanah ini, Anda dapat mengambil keuntungannya. Namun, sebelum itu, daftarkan tanah girik Anda pada kantor Badan Pertahanan Nasional. Beberapa cara di bawah ini merupakan tata cara jual beli tanah girik.

Proses Pendaftaran Tanah Girik
Pembelian tanah yang murah maka Anda harus lebih aktif dalam mengetahui surat-surat sertifikat yang dibutuhkan. Siapkan semua bahannya terlebih dahulu agar Anda lebih mudah menemukan surat yang dibutuhkan. Baru setelah itu, Anda bisa melakukan proses pendaftaran tanah girik mulai. Berikut ini adalah proses pendaftaran tanah girik yang menguntungkan bagi Developer:
1.     Sebelum melangkah ke pendaftaran tanah girik maka Anda harus meminta saran terlebih dahulu pada tokoh setempat, seperti camat atau lurah. Surat rekomendasi ini akan menyatakan jika sampai saat ini tanah tersebut belum pernah dibuat sertifikatnya atau belum pernah mendaftarkan tanah itu.
2.   Pembuatan surat pernyataan dari RT, RW, Lurah yang menunjukkan bahwa tanah dijual itu bukanlah tanah sengketa.
3.   Dilakukan peninjauan langsung ke lokasi tanah untuk mengetahui keadaan di sekitar tanah tersebut dan mengukur luasnya. Proses ini dilakukan oleh petugas dari kantor Pertanahan Nasional.
4.      Mengeluarkan surat ukur dan pengesahannya.
5.     Membayar biaya BPHTB berdasarkan keterangan yang ada di surat ukur. Biasanya, biaya BPHTB dilakukan jika tanah yang diajukan sertifikatnya berasal dari tanah negara atau tanah garapan. Selain itu, tanah yang berasal dari tanah adat juga tidak akan dipungut biaya oleh BPHTB.
6.      Proses penimbangan oleh petugas A
7.   Menunggu pengumuman yang akan ditempelkan di papan pengumuman di kantor pertahanan nasional atau kantor camat/ lurah. Proses ini akan menghabiskan waktu sekitar 2 bulan.
8.   Tidak adanya orang yang keberatan maka pengumuman disahkan dan sertitifikat tanah akan diterbitkan.
Keuntungan Tanah Girik untuk Developer
Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis tanah sampai sekarang ini sedang menjadi puncak usaha yang sering dilakukan. Tanah menjadi instrumen yang tepat untuk dijadikan sebagai investasi karena tanpa memberikan perlakuan apapun kita sudah bisa melihat keuntungan yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa keuntungan untuk pembelian tanah girik untuk developer:

1.      Harga bisa dinegosiasikan
Setiap penjual pasti sudah menentukan harga tanah yang hendak dijualnya. Penentuan harga ini biasanya disesuaikan juga dengan harga pasaran di wilayah sekitar. Sayangnya, tidak semua pembeli dapat melakukan negosiasi harga. Ada beberapa penjual tanah yang sangat kaku dalam memberikan harga. Hal ini tentunya akan menyulitkan kita untuk menawarnya, padahal pembelian tanah membutuhkan dana yang tidak sedikit jadi harus didapatkan harga yang benar-benar sesuai dengan keadaan kita.
2.      Harga miring
Tinggi rendahnya harga tanah dijual ditentukan oleh banyak hal, seperti letak tanah, bentuk, luas dan lain sebagainya. Salah satunya adalah merupakan tanah dengan surat-surat yang tidak lengkap. Padahal, surat menjadi bukti kuat kepemilikan tanah. Jadi, tidak heran jika tanah girik mempunyai harga lebih rendah. Oleh karena itu, tanah girik sangat cocok untuk developer yang selalu ingin mendapatkan harga bagus agar bisnis cara cepat jual tanah dan properti mendapatkan keuntungan lebih besar.

3.      Persaingan yang sedikit
Sangat sediktit developer yang memilih tanah dengan surat-surat lengkap. Keadaan seperti ini tentunya akan sangat menyenangkan dan bisa menjadi peluang besar bagi kita untuk menjalankan bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa semakin sedikit pesaing usaha yang serupa maka semakin tinggi harga yang bisa kita ajukan. Jadi tidak masalah untuk ingin membeli tanah belum bersertifikat ini, asalkan Anda tidak lupa untuk menelitinya lebih dalam lagi.
Pengetahuan mengenai tata cara jual beli tanah girik sangat diperlukan sebelum Anda menjalankan bisnis ini. Pastikan jika Anda sudah tahu harga pasaran tanah disekitar sehingga tidak akan tertipu.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak