Enter your keyword

Sunday, 30 July 2017

Alasan Jual Tanah Jalan Damai Jogja Menjadi Tidak Sah

Jual tanah jalan Damai Jogja merupakan kegiatan transaksi jual beli aset yang diidamkan banyak orang. Tanah di jalan Damai Jogja memang akan sangat menguntungkan, karena memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Namun perlu diketahui beberapa hal yang menjadikan jual beli tanah menjadi tidak sah, agar tidak ada kesalahan dalam transaksi.
Keuntungan Memiliki tanah di Jalan Damai Jogja
Jogja menjadi sebuah daerah yang begitu fenomenal. Daerah yang terkenal sebagai tempat wisata idaman dan tempat menempuh pendidikan terkenal ini kian hari kian berkembang. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya karena faktor bayaknya orang dari luar daerah yang datang ke Jogja. Entah itu sebagai wisatawan yang hanya berkunjung dalam waktu singkat, atau para mahasiswa dari luar daerah yang berdomisili di sana.
Tidak heran jika banyak permintaan akan hunian dan aset properti lainnya. Salah satunya adalah jalan Damai Jogja. Dulu, mungkin banyak sekali tanah murah jalan Damai Jogja. Namun saat ini, terutama dalam beberapa kurun waktu belakangan ini, harga tanah di sana menjadi sangat mahal. Hal ini dikarenakan potensi wisata di jalan Damai Jogja juga meningkat dari hari ke hari.
Di jalan tersebut memang banyak sekali hotel, tempat makan, restaurant, dan fasilitas wisata yang memudahkan banyak wisatawan. Tentu saja lokasi tersebut cocok dijadikan lokasi usaha dengan potensi keberhasilan yang tinggi. Oleh sebab itu, jika ada tanah dijual di jalan Damai Jogja, pasti akan sangat banyak pihak yang mulai berminat untuk membelinya. Terutama para pengusaha yang ingin mengembangkan usaha di daerah potensial tersebut.
Alasan Jual Tanah Jalan Damai Jogja Menjadi Tidak Sah
Jika seseorang ingin melakukan transaksi jual beli tanah dan belum pernah melakukan transaksi sebelumnya, ada baiknya mencari pengetahuan mengenai hal tersebut terlebih dahulu agar tidak berurusan dengan masalah-masalah. Terutama masalah hukum. Hal ini penting karena memang pertanahan dan properti ada kaitannya secara langsung dengan hukum yang berlaku.
Sebagai penjual, bukan hanya cara cepat jual tanah  yang perlu diketahui. Sebagai pembeli, bukan hanya tips dan trik negosiasi harga yang perlu diketahui. Kedua belah pihak harus tahu apa saja alasan jual tanah Jalan Damai Jogja menjadi tidak sah. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar transaksi menjadi lancar dan sah.

1.      Perhatikan proses jual beli tanah
Perhatikan secara detail proses jual beli tanah, baik pembeli ataupun penjual. Lakukan transaksi sesuai dengan hukum yang berlaku dengan harga yang sesuai dengan kesepakatan bersama. Baik penjual dan pembeli sama-sama menghendaki keuntungan. Maka proses jual beli harus dilakukan dengan nyaman dan tidak merugikan pihak manapun.
2.      Jangan melakukan proses jual beli tanah dengan sistem jual beli di bawah tangan
Jual beli properti yang menggunakan sistem perjanjian di bawah tangan tidak sah. Hal ini juga tidak bisa mengalihkan tanah dari penjual ke pembeli, walaupun pembeli telah membayar lunas harga tanah tersebut.

3.      Hukum jual beli benda tidak bergerak
Properti merupakan aset tidak bergerak. Tidak seperti jual beli benda-benda bergerak seperti benda elektronik, jual beli tanah sistemnya berbeda. Secara hukum, benda-benda bergerak dilakukan transaksi secara tunai dan sekaligus. Istilah singkatnya, ada uang ada barang. Namun, untuk benda tidak bergerak seperti tanah, diperlukan bukti-bukti otentik seperti surat-surat dan sertifikat yang bersangkutan. Semua dokumen tersebut harus diserahkan pada PPAT yang lebih berwenang.
4.      Asas terang dan tunai
Yang dimaksud dengan asas terang dan tunai adalah sebuah aas atau hukum yang mengharuskan transaksi jual beli dilakukan di hadapan petugas PPAT yang berwenang di daerah tersebut. Di sana ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Baru kemudian tanah bisa dilakukan transaksi. Transaksi yang dimaksud pun juga harus mendatangkan saksi, seperti notaris, dan sebagainya. Perlu juga dilakukan prosedur balik nama yang sesuai dengan hukum. Jadi, jika transaksi tidak dilakukan seusai hukum dan persyaratan yang berlaku, maka jual beli tanah tersebut tidak sah.

5.      Proses balik nama
Proses balik nama itu sendiri pun tidak bisa dilakukan dengan sistem di bawah tangan. Harus dilakukan dengan prosedur yang sesuai dengan hukum. Prosedur balik nama dilakukan dengan proses pemeriksaan yang teliti oleh pihak PPAT dan kantor Pertanahan. Selain itu penting juga untuk melunasi pajak terlebih dahulu. Baru dari sana akan bisa dilakukan balik nama. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa transaksi dilakukan sesuai lorong hukum yang berlaku. Walau memang tidak mudah, namun semua hal ini akan menghindarkan potensi penipuan dan kerugian.

Demikianlah alasan jual tanah Jalan Damai Jogja menjadi tidak sah. Semoga bisa memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat, terutama untuk pihak yang ingin melakukan transaksi jual beli tanah dan properti lainnya.

No comments:

Post a Comment

About Us

TIPS BELI TANAH

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]




Popular

Formulir Kontak